Pop-up restoran adalah fenomena  populer yang sudah familiar di Inggris dan australia sejak tahun 2000-an. Namun begitu pop up restoran telah ada sebelumnya di Amerika Serikat dan Kuba. Para  Diners, sebutan untuk pelaku pop up biasanya memanfaatkan media sosial, seperti blog , twitter dan instagram untuk memasarkan pop up restoran  mereka dan juga untuk membuat reservasi online.

Pop-up restoran, seperti fenomena foodtruck , merupakan cara yang efektif bagi para profesional muda untuk memaksimalkan keterampilan mereka di bidang culinary dan hospitality karena sulitnya mencari investor dan sulitnya apabila harus membuka restoran sendiri atau konsep kuliner lain yang membutuhkan modal yang besar.

Pop-up restoran telah dipuji berguna bagi koki muda, yang memungkinkan mereka untuk memanfaatkan fasilitas dapur, untuk dimanfaatkan lebih untuk memperoleh keuntungan  tanpa risiko kebangkrutan.

Banyak koki menggunakan pop up sebagai cara untuk memperluas karir kuliner mereka, sementara yang lain menggunakan pop up sebagai cara untuk membuka usaha, membuka lapak, menawarkan makanan gourmet dengan harga terjangkau, dan mengemasnya dengan tema tema yang unik.

Berikut merupakan cara untuk membuat pop up restaurant :

 

Tentukan tujuanmu membuat pop up restaurant

Ada beberapa alasan beragam  mengapa orang membuka restoran pop up. Beberapa koki profesional membuka sendiri pop up untuk membangun reputasi kuliner mereka, karena sifat jangka pendek dari pop up memungkinkan koki bebas dalam berkreasi  di dapurnya sendiri. Yang lainnya membuka sebuah restoran pop up untuk menguji konsep restoran dan menggunakannya sebagai jalan untuk menarik investor serta masyarakat untuk mencobanya. Ada juga orang yang menggunakan pop up restoran sebagai bisnis untuk menawarkan konsep dining unik di lokasi lokasi yang berbeda dari restaurant umumnya dengan harga terjangkau , sehingga semua orang bisa menikmatinya. Lokasi itu bisa di pantai, di perbukitan, di taman, di museum dan lokasi unik lainnya.

Pilih lokasi untuk Pop Up Restaurantmu

Sebuah pop up lokasi restoran bisa dimana saja, asalkan aman dan nyaman untuk memasak , menyajikan makanan dan melayani customer. Salah satu pop up restaurant terkenal di New York city bahkan bertempat di bekas ruang restoran.

Dalam mencari lokasi,  pertimbangan mengenai besar ruangan, logisitik , mobile kitchen  dan tempat untuk makan sementara menjadi langkah yang penting, entah itu bagaimana dengan akses ke listrik, kebersihan, supply makanan dan sanitasinya.  Jika kamu sudah temukan apa yang masih kurang, bagaimana kamu  akan mengatasi masalah ini?

Pilihan lain untuk pop up restaurant adalah ruang restoran yang sudah ada. Misalnya, kamu bisa menyewa atau bekerjasama dengan restoran . Pemilik restoran menerima sekian persen dari keuntunganmu  untuk menutupi biaya yang timbul seperti air, saluran pembuangan, gas listrik dan biaya-biaya terkait lainnya.

Buat Konsep pop up dining unik

Kebanyakan orang yang pergi ke sebuah pop up restoran umumnya datang untuk mencari lebih dari sekedar petualangan kuliner: mereka mencari sesuatu yang baru, unik, dan kreatif. Sesuatu yang berbeda dengan restoran  umumnya. Mereka mencari eksperimental dining experience yang tidak mudah dilupakan.  Kamu juga dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menciptakan menu menu unik yang kamu bisa tetapkan sendiri harganya. Untuk memaksimalkan keuntungan , kamu juga bisa menggunakan kreatifitasmu untuk memberikan servis tambahan yang kiranya menunjang dining service itu sendiri, misal lewat live music, pertunjukan tarian tradisional, bouquet bunga atau bahkan dekorasi yang menambah suasa dining menjadi lebih tak terlupakan.

Siapkan Mobile Kitchen ( Dapur berjalan)

Picture via : archiproducts

Jantung pop up restaurant kamu adalah dapur dan tempat untuk menyajikan servis. Konsep  dan desain dapur akan tergantung pada ruang dan pada ketersediaan listrik dan air. Tentu saja, jika kamu menyewa ataubekerjasama dengan sebuah restoran yang ada, maka kamu tidak akan perlu khawatir tentang logistics- itu sudah diatur! Kamu bisa menggunakan food truck atau bahkan gerobak kecil yang kamu design secara khusus  untuk bisa kamu gunakan sebagai mobile kitchen mu.

Seperti halnya katering, pop up restaurant menawarkan kamu juga kesempatan untuk belajar keterampilan : mengetahui kapan dan di mana untuk mempersiapkan dan melayani makanan. Ini adalah cara yang bagus untuk melihat apakah kamu benar-benar menikmati industri food& culinary  untuk mengambil lompatan nantinya membuka restoran sendiri.

Siapkan temporary dining room / ruang makan sementara

Tergantung berapa lama kamu ingin pop up restoran kamu akan berjalan, kamu bisa menyewa meja, kursi dan linen. Jika pop up  restaurant kamu masih dalam skala cukup kecil kamu mungkin dapat membeli tempat duduk  yang relatif murah. Selain itu desain restoran pop-up harus ada keseimbangan antara tema dan fasilitas duduk yang nyaman. Dengan suasana yang nyaman, dengan makanan yang khas, serta ditambahkan dengan dekorasi dan tempat yang unik pelanggan pun nantinya tidak hanya mendapatkan pengalaman makan, melainkan  juga mengalami pengalam more than just a dining experience yang tidak akan mereka lupakan nantinya.

 

Daftarkan pop up restaurantmu!

Kalau kamu sudah memutuskan ingin memulai dalam bisnis pop up restaurant ini, kamu dapat mulai untuk mengiklankan konsep unik dining mu lewat social media, seperti facebook , Instagram atau website. Tapi tenang , kamu tidak perlu repot repot. Karena saat ini  ada sebuah aplikasi yang memungkinkan kamu untuk membuat pop up restaurant secara online. Dineary.com memiliki sebuah aplikasi online yang memungkinkan kamu untuk membuat dan sekaligus mengiklankan pop up restaurant kamu hanya dengan single klik

So tunggu apa lagi klik www.dineary.com dan gunakan hobi dan waktumu jadi uang!
Memulai restaurant bisnis tidak pernah semudah ini.

 

 

Dineary.com

Leave a Reply